Kamis, 18 Oktober 2012

cara memaksimalkan pendapatan

Pekarangan, adalah lahan kosong yang ada di sekitar rumah yang masih menjadi hak kita, tentunya akan amat sangat di sayangkan kalo hanya di biarkan terbengkalai alias di anggurin, alangkah lebih baiknya kalo di manfatkan buat sesuatu yang lain seperti di buat taman atau mungkin yang lebih bijak kalo di manfaatkan bagi sesuatu yang bernilai ekonomis (cie..cie... ekonomis ni ye...). untuk pekarangan atau halaman rumah yang luas (baik kiri, kanan, depan, maupun belakang rumah sob..) hal tersebut tidak terlalu sulit, tapi bagaiman cara mendapatkan income secara ekonomis kalo pekarangan rumah kita tidak begitu luas?. gak usah risau sob, santai aza lagi he..he.. kita bisa sulap pekarangan kita menjadi :
1.kebun bunga yang mempunyai nilai jual
2.kebun sayur

1. Untuk kebun bunga, terlebih dahulu siapkan pot-pot bunga, lalu isilah pot-pot bunga tersebut dengan tanah dan di campur dengan pupuk organik atau pupuk kompos trus biarkan minimal 3 hari, selanjutnya carilah bibit bunga pada kios-kios bunga atau taman-taman bunga, atau yang lebih praktis minta aza ama tetangga sob he..he..he.., lalu tanam bibit bunga tersebut pada pot-pot bunga tadi, kemudian tata pot-pot yang sudah di tanami bunga tadi sedemikian rupa agar tampak indah dan sedap di pandang. kalo bung-bunga tadi udah gede-gede, tinggal panggilin tukang bunga buat membeli bunga-bunga kita. praktis, mudah dan ekonomis khan....

2. Untuk kebun sayuran, terlebih dahulu siapkan polibag (ukuran terserah masing-masing sob minimal polibag untuk ukuran 2 kg, trus isi polibag tadi dengan tanah yang sudah di campur pupuk organik atau pupuk kompos (bisa pupuk kandang atau beli pupuk organik/kompos di toko obat-obatan pertanian sob) dan tata polibag tadi sedemikian rupa biar tampak cantik dan menawan di pandang mata, lalu biarkan selama minimal 3 hari. selanjutnya belilah bibit sayuran di kios obat-obatan pertanian terdekat (yang jauh juga boleh  sob he..he..he..) yang sesuai selera kita, mau bibit sayur kangkung boleh, bibit sawi boleh, bibit terong boleh, bibit bayam boleh, pokoke suka-suka kita deh.., trus tanam bibit sayuran tersebut pada polibag yang sudah di kasih tanah tadi secara proporsional kemudian rawat baik-baik. kalo udah besar-besar dan siap panen, tinggal panggil tukang sayur keliling buat ngeborong atau membeli sayuran kita, (tapi jangan lupa... kita bisa ikut nikmatin hasil sayuran kita juga lho....) 
Selamat mencoba, dan sukses selalu sob....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar